Daftar Barang Yang Perlu (Dan Tidak Perlu) Dibawa

Panduan Hidup di Melbourne > Persiapan Keberangkatan > Daftar Barang Yang Perlu (Dan Tidak Perlu) Dibawa.

Terkadang, oleh karena ketidaktahuan dan berbagai informasi yang memberitahu bahwa barang-barang di Australia itu mahal, kamu akan terdorong untuk membawa sebanyak-banyaknya barang-barang kamu dari Indonesia. Bukan tidak boleh, tetapi selain menghindari membayar biaya kelebihan beban bagasi di airport, kami menyarankan agar kamu travel light ke Melbourne karena berbagai barang yang kamu butuhkan dan inginkan dapat kamu dapatkan di Melbourne. 

Untuk membantu kamu, berikut ini adalah saran kami akan berbagai barang yang perlu kamu bawa, dan yang tidak perlu kamu bawa, dari tanah air untuk belajar di Victoria.

Daftar Barang Yang Perlu Dibawa

Berikut ini adalah daftar barang-barang yang perlu kamu bawa ke Victoria. 

Dokumen-dokumen penting seperti Offer Letter dari institusi pendidikan tempat kamu belajar, bukti pembayaran jika kamu sudah membayar, rapor sekolah atau transkrip nilai yang sudah dilegalisir, KTP Indonesia, SIM Indonesia, SIM internasional jika kamu memilikinya dan tentunya paspor kamu. Ada baiknya kamu membuat salinan (fotokopi) dari semua dokumen penting dan menyimpan salinan tersebut di rumah kamu di Indonesia jika dibutuhkan.

Uang senilai A$ 1,400 – A$ 2,300 yang sudah dalam  bentuk dollar Australia untuk berbagai biaya minggu pertama. Kami menyarankan jumlah uang ini dibawa cash atau dibagi antara cash dengan traveller’s cheque agar dapat segera digunakan untuk membayar akomodasi dan membuka account bank di Australia.

Tiga atau empat lembar pas foto.

Jika kamu menggunakan lensa kontak, maka jangan lupa untuk membawa lensa kontak kamu.

Berbagai obat-obatan yang biasa kamu konsumsi di Indonesia, cukup untuk 6 bulan.

Pakaian yang sesuai untuk untuk berbagai musim, seperti winter coat dan syal untuk musim dingin, jaket tipis atau baju lengan panjang untuk musim semi dan gugur, celana pendek serta t-shirt untuk musim panas.

Peranti elektronik seperti charger handphone, laptop, iPod dan kamera digital.

Barang Yang Tidak Perlu Dibawa 

Pada umumnya, banyak pelajar Indonesia yang overweight karena membawa terlalu banyak makanan di bagasinya. Pada umumnya, kecuali kamu memiliki pola makan khusus, kamu tidak perlu membawa banyak makanan dari Indonesia. Berbagai produk makanan Indonesia juga tersedia di Victoria di supermarket dan restoran Indonesia. Demikian juga dengan alat tulis dan peralatan belajar lainnya yang kesemuanya dapat kamu dapatkan di Victoria.

Melaporkan Barang Bawaan ke Customs

Berikut ini adalah daftar barang-barang yang harus kamu laporkan ke customs ketika kamu sampai di Australia. Sebagai catatan, kamu tidak perlu khawatir mengenai melaporkan barang-barang ini karena mereka hanya akan melihat dan membiarkan kamu berjalan keluar. Ada baiknya kamu menyimpan barang-barang ini di koper terpisah agar proses customs bisa lebih cepat:

1. Jamu dan rempah-rempah
2. Biskuit, kue dan permen
3. Buah-buahan dan sayur-mayur yang dikeringkan
4. Produk mie dan beras
5. Produk teh dan kopi
6. Bunga kering dan bunga segar
7. Kemasan dan kerajinan tangan dari jerami
8. Wol (belum diolah) dari bulu binatang
9. Obat-obatan
10. Peralatan binatang (bekas pakai)
11. Peralatan olahraga dan perkemahan
12. Uang tunai senilai A$5000 atau lebih

Sebagai catatan, berbagai barang yang ada di daftar ini dapat kamu temukan dengan mudah di Victoria. Lihat halaman Swalayan dan Restoran Indonesia dan Direktori Indonesia.